Dayeuh Luhur Sumedang

Dayeuh Luhur adalah desa di kecamatan Ganeas, Sumedang, Jawa Barat, Indonesia.
dayeuh luhur adalah sebuah tempat yang terletak di kecamatan Ganeas Kabupaten Sumedang.Kira-kira satu jam jika melakukan perjalanan dari pusat kota Sumedang. Dayeuh luhur artinya adalah kota di atas, menurut sejarah dayeuh luhur pernah menjadi pusat pemerintahan kerjaan sumedang.
Makam Prabu Gesan Ulun
Makam Ratu Harisbaya
Tim Coretan Sumedang mengujungi Dayeuh luhur untuk ziarah ke makam Prabu Gesan Ulun pada Rabu, 13 Januari 2016 Pukul 15.45 WIB, di sana kami mengujungi makam Prabu Gesan Ulun kira kira selama 20 menit dan mengujungi makam Ratu Harisbaya istri dari Prabu Geusan Ulun, di sana juga kita bisa di pandu oleh juru kunci nya, pas kami memasuki komplek pemakaman nya cukup beda suasana nya, hanya terdengar suara suara burung memang di kawasan komplek pemakaman di sana suasana nya masih sangat asri, memang pada sore itu tidak banyak orang yang mengujungi tempat ini di karenakan sudah sore dan cuaca tidak mendukung hujan sedang turun. tidak hanya sampai di makam Prabu Gesan Ulun dan Ratu Harisbaya. 
Kami pun melanjutkan perjalanan ke tempat wisata yang lain nya, dan melanjutkan ke makam Embah Jaya Perkasa kurang lebih 15 menit kalau misalkan jalan kaki ke tempat makam Embah Jaya Perkasa dengan menaiki sekitar 130 anak tngga baru kita bisa sampai di atas, dengan banyak pantrangan bagi siapa saja yang ingin ke sana tidak di perkenankan membawa atau memakai batik, kenapa? itu ada mitos nya tertentu katanya, jadi yang baca artikel ini wajib mengunjungi yang namanya Dayeuh Luhur tempat Wisata ziarah Sumedang .. untuk lebih kanjut nya tunggu edisi Makam Embah Jaya Perkasa 

0 Comments