Wisata Indah panenjoan Sumedang

wisata Panenjoan Sumedang

Assalamualaikum wr.wb
  kali ini saya ingin kasih tahu kawan kawan semua tentang kawasan wisata panenjoan rancakalong. Kawasan wisata Panenjoan merupakan Objek Daerah Tujuan Wisata (ODTW) yang mengandalkan kompleks Rumah Adat Sunda julang ngapak dan kadal depa serta upacara adat Ngalaksa dan Tari Tarawangsa sebagai daya tarik wisata utama apalagi untuk anak muda jaman sekarang cocok sekali untuk sekedar piknik dan juga foto-foto karna di fasilitasi dengan pemandangan yang begitu cantik dan indah .
wisata Panenjoan Sumedang

wisata Panenjoan Sumedang

wisata Panenjoan Sumedang

Indah Panenjoan Sumedang

Tempat wisata indah Sumedang


Tempat wisata indah Sumedang


Wisata Sumedang



Wisata Sumedang

Keindahan Sumedang

Keindahan Sumedang

Rumah budaya tersebut, dapat dijadikan sebagai fasilitas berbagai pertunjukan dan latihan yang berkaitan dengan budaya tradisional khususnya Sumedang. Ada empat buah rumah adat yang berada di kawasan ini ditambah dengan satu buah aula besar. Menurut informasi, keberadaan rumah pemangku adat di kawasan tersebut selain berfungsi untuk pelestarian dan pengembangan budaya Sunda, juga akan menjadi daya tarik wisata budaya bagi Kab. Sumedang. Seperti dengan difungsikan sebagai tempat menggelar event-event budaya, di samping upacara adat ngalaksa yang biasa digelar setahun sekali di Rancakalong.
Pembangunan empat rumah pemangku adat ini dibiayai dari dana Coorporate Social Reponsibility (CSR) Bank BJB Sumedang. Rencananya, seluruh bangunan yang akan didirikan di kawasan wisata Panenjoan Rancakalong, 16 unit bangunan. Terdiri atas, 10 unit rumah Pemangku Adat Desa, dan masing-masing satu unit rumah Pemangku Adat Kecamatan, Pemangku Adat Kabupaten, rumah Pemangku Adat Gubernur Jabar, Pendopo, serta dua ruang makan bersama berikut perlengkapannya. Semua bangunan itu akan dibuat dengan bentuk atap julang ngapak sebagai ciri arsitektur Sunda.
Desa Pasirbiru, Kec. Rancakalong Kab. Sumedang, Kab. Sumedang, Jawa Barat , kode pos 45361
telepon : (022) 7911665
Wassalammualaikum.wr.wb

1 Comments