Sumedang Puseur Budaya Sunda


 

Sumedang merupakan salah satu kota yang ada di Jawa Barat, yang memiliki slogan Sumedang Tandang Nyandang Kahayang, Sumedang memiliki berbagai hal yang dapat dijual atau diperlihatkan dalam budaya, beberapa hal yang tepat ketika dikatakan sumedang sebagai puser budaya sunda yaitu:
1.      karena mahkota binokasih yang merupakan mahkota kerajaan sunda berada di sumedang atau dalam istilah lain,sumedang merupakan pusat pemerintahan kerajaan Sunda sehingga pantas dikatakan bahwa sumedang menjadi puseur budaya Sunda.
2.      karena sumedang merupakan daerah yang masih menggunakan bahasa sunda sebagai bahasa sehari2 berbeda dengan daerah lain yang menggunakan bahasa Indonesia, yang paling terlihat yaitu dari para pelajar umumnya para pelajar sumedang berkomunikasi dengan bahasa sunda sedangkan para pelajar di daerah lain jarang s.ekali menggunakan bahasa sunda.
3.      Karena sumedang merupakan daerah yang memiliki budaya yang beraneka ragam, seperti upacara dalam bercocok tanam yang melahirkan sebuah seni tarawangsa,dari upacara sunatan lahir kesenian dog-dog, kuda renggong dan masih banyak yang lain, serta dari segi budaya yang lainnya seperti goong renteng, tari umbul, tayuban, bangreng dan yang lain.
4.      karena sumedang melahirkan tokoh-tokoh dalam budaya sunda seperti Alm. Saleh Danasasmita, Alm. Makmur Danasasmita, Prof. Saini Kosim,Alm Rd Angga Kusumadinata,dan para tokoh lainnya.selain itu juga banyaknya tokoh muda yang lahir dari sumedang seperti Lili Suparli S.Kar,M.Hum, Asep Zatnika S.Sen.M.Hum ,Dindin,dan banyak yang lain nya yang mengembangkan budaya Sunda.
Tetapi ada beberapa permasalahan yang timbul ketika sumedang menjadi puserbudaya sunda diantaranya
1.   kurang adanya perhatian terhadap budaya-budaya yang ada di sumedang sehingga hilangnya regenerasi akibat pemerintah kurang memperdulikan budaya yang ada.
2.    banyaknya tokoh-tokoh atau seniman sunda yang mengembangkan budaya sunda di tempat yang lain karena akibat dari perhatian pemerintah daerah yang kurang atau karena di anggap sepele seperti kenapa saini km memilih di bandung dari pada sumedang?kenapa Alm saleh danasasmita memilih di bogor daripada di sumedang?hal ini yang dirasakan para seniman yang lainketika melihat kota sumedang
sehingga kesimpulannya karena kurangnya sentuhan pemerintah kepada pada masyarakat dan seniman, seperti disbudpar bertugas untuk melestarikan budaya yang ada, bukan malah kegiatan yang harus dilakukan oleh masyarakat tertentu tetapi dilakukan oleh disbudpar sehingga kelihatan dari luar bagus banyak pertunjukan keluar tetapi masyarakatnya sendiri semakin sedikit untuk melestarikan budaya karena sedikitnya informasi. jadi mulailah dari sekarang bulatkan tekad kita untuk menjadikan sumedang puseur budaya sunda dengan gotong royong dan saling dorong antara pemerintah dan masyarakat sehingga sumedang sebagai puseur budaya sunda bisa benar-benar terwujud dengan cepat dan bisa benar-benar membuktikan kepada masyarakat sumedang dan masyarakat dunia bahwa Sumedang merupakan Puseur Budaya Sunda.
Hayang apal ogé naon sababna Sumedang bet dijadikeun Puseur Budaya Sunda. Da sigana henteu ujug-ujug jeung ojol-ojol dijadikeun kitu lamun taya sabab-musababna. Sanggeus nyungsi ngaliwatan Google, kapanggih ogé alesan Sumedang dijadikeun Puseur Budaya Sunda. Dina tulisan anu dipedalkeun ku Budaya Sunda kalawan dijudulan Sumedang Puseur Budaya Sunda, dijelaskeun dadasarna. Cenah aya opat alesan anu nyababkeun Sumedang dijadikeun Puseur Budaya Sunda.
  1. Kusabab makuta Binokasi anu mangrupakeun makuta titinggal Karajaan Sunda aya di Sumedang, perenahna di Musium Geusan Ulun. Sanggeus Karajaan Sunda runtag, éta makuta Binokasih téh diwariskeun ka Karajaan Sumedanglarang anu nuduhkeun yén Sumedanglarang téh jadi karajaan anu nuluykeun tapak lacak Karajaan Sunda. Nepikeun ka ayeuna éta makuta Binokasi téh aya di Sumedang.
  2. Sumedang mangrupakeun hiji wewengkon anu masih kénéh maké Basa Sunda dina obrolan sapopoéna, boh di padésaanana boh di dayeuhna. Barudak anu sarakola ogé masih kénéh loba anu maraké Basa Sunda dina sapopoéna. Hal ieu cenah béda reujeung wewengkon séjén anu aya di Tatar Sunda.
  3. Sumedang miboga kabudayaan anu loba jeung rupa-rupa. Kabudayaan dina wangunan upacara-upacara adat tradisional, aya anu dina wangunan kasenian, jeung anu séjénna.
  4. Di Sumedang loba mucunghul ahli atawa tokoh budaya Sunda saperti Alm. Saleh Danasasmita, Prof. Saini Kosim, Alm. Makmur Danasasmita, Alm. Rd. Angga Kusumadinata, jeung anu séjénna. Tokoh entragan anyarna anu mileuleuheungkeun kana Budaya Sunda ogé lumayan loba.

Sumedang Puseur Budaya Sunda atau yang kini sering disebut SPBS dicanangkan berdasarkan sejarah ratusan tahun lalu. Pada 1578, Kerajaan Pajajaran yang runtuh akibat serangan kerajaan Banten menyerahkan Makuta Binokasi sebagai simbol kerajaan kepada Kerajaan Sumedang Larang yang saat itu. Penyerahan Makuta inilah yang kemudian juga menjadi dasar berdirinya Sumedang larang.

“Pertimbangannya menjadi SPBS tentu berdasarkan kajian akademik dan historis yaitu salah satunya adanya peninggalan Kerajaan Pajajaran di Sumedang yaitu Makuta Binokasih, lantas kenapa tidak disebutkan Sumedang itu sebagai pusatnya budaya Sunda,” kata Taufiq

0 Comments